VISION & MISSION

MENGENAL TEMPE

Tempe makanan tradisional asal Indonesia yang terbuat dari bahan baku kedelai, diperkirakan sebelum kerajaan Mataram diperintah Sultan Agung ( Abad ke 16 ) Tempe sudah menjadi makanan masyarakat Jawa, kini Tempe sudah menyebar keseluruh Nusantara bahkan telah menyebar di lima benua di Dunia.
Tempe dikenal sebagai makanan bernutrisi tinggi yang dapat menggantikan asupan protein pengganti daging, sumber Vitamin B yang lengkap dan antioksidan pencegah aneka penyakit.
Kandungan gizi yang baik pada tempe akan terjaga bila proses pembuatan atau pengolahan tempe dilakukan secarabaik, maka penerapan konsep GHP ( Good Manufacturing Practise ) menjadi penting agar produk tempe yang dihasilkan menjadi berkualitas, bersih dan sehat.
Ide membuat tempat produksi yang ideal adalah sebuah keniscayaan, sebuah terobosan yang meski sulit dan banyak tantangan namun perlu untuk diwujudkan.

SEKILAS RUMAH TEMPE INDONESIA

Rumah Tempe Indonesia dibangun atas keinginan yang kuat dari Pengurus KOPTI Kabupaten Bogor ( Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia ) yang merupakan satu-satunya wadah bernaungnya para perajin Tempe dan Tahu.
RTI didirikan sebagai kepedulian atas situasi dan kondisi perajin tempe yang ada dimana perajin ingin diberikan gambaran nyata ( prototipe ) terhadap tempat produksi tempe yang ideal yaitu sebuah tempat produksi layaknya industri, kecil yang sederhana, murah, mudah dan ramah lingkungan.
Sederhana dimaknai tidak besar artinya sesuai dengan besaran kebanyakan Industri tempe perajin,murah karena bangunanya cukup sederhana tetapi fasilitas-fasilitas untuk proses produksi dapat terpenuhi, mudah karena pada setiap perajin sudah memiliki tempat produksi sehingga tinggal menyempurnakan,begitupun harus ramah lingkungan alat-alat produksi yang digunakanharus yang aman untukproduk olahan pangan bukan alat bekas pakai dan mudah berkarat hal ini agar lingkungan sekitar tempat tempat produksi tidak tercemari dan terganggu,selain itu ramah lingkungan bagi para peraji dan pekerja produksi sehingga kenyamanan dan keamanan para perajin menjadi perhatian.
Maka setelah melalui proses pembangunan pada tanggal 06 Juni 2012 RUMAH TEMPE INDONESIA diresmikan di Bogor sesuai dengan Domisilinya, Jl.Raya Cilendek No.27 Bogor dan dibuka untuk umum.
Belum adanya contoh sebagai rujukan bagi setiap perajin tempe yang ingin melakukan perbaikan menjadi alasan para perajin untuk tidak mau berubah, disamping itu sebagian besar konsumen pengguna dan penggemar tempe yang hanya mau dengan harga murah menjadi hambatan tersendiri yang menjadikan para perajin tempe tidak mau berubah delam berproduksi karena dalam pandanganya khawatir tempe yang diproduksi tidak dibeli.
Harus diakui bahwa pengalaman perajin memproduksi tempe didapat dari turun temurunyang bagi mereka sudah merupakan warisan yang mesti dijalankan apalagi dalam pandangannya mereka sudah menjalankan bertahun-tahun dengan dinamikanya yang pada kesimpulanya dengan mempertahankan menjadi perajin tempe mereka telah mampu menafkahi dan menjalani kehidupan.

TUJUAN :
1. Menjadi pusat inovasi terhadap proses produksi tempe yang bersih, berkualitas dan memenuhi keamanan pangan.
2.Menjadi pusat inovasi terhadap produk olahan pangan berbasis tempe.
3.Menjadi pusat inovasi terhadap peralatan tempe berbasis teknologi tepat guna ( TTG ) yang higienis, mudah dan menguntungkan.

Visi

Mendorong perubahan dan memperbaiki kualitas dan citra tempe di Indonesia

 

Misi

  • Menjadi salah satu pusat produksi tempe yang higienis dan ramah lingkungan dan mampu menyediakan produk tempe yang berkualitas kepada konsumen
  • Meningkatkan pengetahuan pengrajin tempe tradisional dalam menerapkan konsep produksi yang lebih higienis dan ramah lingkungan
  • Menjadi agen perubahan untuk mengangkat dan mempromosikan tempe sebagai makanan sehat untuk berbagai kalangan baik di dalam dan diluar negeri

Info Selengkapnya

Anda Membutuhkan informasi lebih lengkap seputar Rumah Tempe Indonesia? Klik tombol berikut